Edukasi Anak Sejak Dini Tentang Tata Cara Berlalu Lintas yang Benar

Masa kanak-kanak adalah masa yang menyenangkan sekaligus masa belajar tentang banyak hal di sekitar. Orang tua perlu membantu mengenalkan anak dengan berbagai hal dan kebiasaan baik yang perlu ditanamkan sejak dini. Salah satunya adalah dengan mengedukasi cara berlalu lintas yang benar di jalan raya. Semakin banyaknya kendaraan di jalanan kini sejalan dengan makin banyak pula orang yang juga kurang tertib dalam berlalu lintas. Oleh karena itu orang tua perlu memberikan edukasi anak sejak dini mengenai tata cara berlalu lintas yang baik dari hal yang kecil sekalipun.

Cara Kecil Memberikan Edukasi Anak tentang Lalu Lintas 

Mengajarkan anak tentang berlalu lintas yang baik bisa dimulai dengan kebiasaan-kebiasaan kecil ketika akan maupun sedang berkendara sehari-harinya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengenalkan anak dengan etika berkendara yang benar:

  • Selalu menggunakan sabuk pengaman ketika berkendara dengan mobil

Orang tua sebaiknya selalu membiasakan diri untuk menggunakan sabuk pengaman ketika berkendara dan selalu mengingatkan anak untuk melakukan hal yang serupa. Kebiasaan yang dipupuk sedari kecil ini akan terus terbawa bahkan hingga anak dewasa dan bisa menyetir kendaraan sendiri.

  • Berikan contoh cara berkendara yang benar dan taat pada peraturan

Anak-anak akan belajar banyak sekali hal dari kedua orang tuanya. Maka dari itu berikan contoh yang baik ketika berkendara di depan anak-anak Anda. Taatilah peraturan lalu lintas yang ada supaya anak juga dapat mengikuti hal yang sama.

  • Perkenalkan anak kepada beragam tanda dan simbol-simbol yang ada di jalan

Ketika berkendara bersama dengan putra-putri Anda tidak ada salahnya untuk menyisipkan hal-hal yang bersifat edukatif. Edukasi anak dengan mengenalkan tanda atau simbol lalu lintas yang Anda temui di jalanan. Cara ini dapat membantu menanamkan dan mengenalkan anak pada wawasan berlalu lintas sejak dini.

Baca juga : Pentingnya Mengajak Anak Jalan-Jalan ke Tempat Edukasi Anak

Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan kendaraan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Gunakan kendaraan dengan komponen yang lengkap mulai dari spion hingga perlengkapan keamanan seperti sabuk pengaman. Daihatsu Xenia contohnya adalah mobil keluarga yang sudah memenuhi standar berkendara dan mampu memberikan kenyamanan pada pengemudi maupun seluruh penumpang.
 

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment